Usul Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, Pemkab Taput Surati Jokowi

author photo Februari 02, 2021
Usul Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, Pemkab Taput Surati Jokowi
Bupati Taput Nikson Nababan (tengah) (Foto: dok. Pemkab Taput)

HarianTapanuli.com | Tapanuli Utara - Pemkab Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), mengusulkan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara). Surat berisi usul pendirian Untara itu sudah dikirim ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Sudah dikirim ke Presiden," kata Bupati Taput Nikson Nababan saat dimintai konfirmasi, Senin (1/2/2021).


Surat usulan itu bernomor 034/101/34.4/I/2021. Surat itu ditandatangani Nikson dan ditujukan kepada Presiden Jokowi.


Nikson dalam suratnya menjelaskan, Untara diperlukan untuk pembangunan sumber daya manusia di daerah Tapanuli Utara dan sekitarnya. Dia menyebut jumlah universitas negeri di Sumut sangat minim.


"Ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perlunya pendirian universitas untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi dan sumber daya manusia dalam rangka percepatan pembangunan khususnya di kawasan Tapanuli raya," tulis isi surat.


Dia juga berharap Untara bisa disetujui dan dibangun agar pengembangan kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bisa dilakukan dengan cepat. Nikson juga mengirimkan dua kajian soal pentingnya universitas negeri di wilayah Tapanuli Utara dan sekitarnya.


Kajian pertama ialah hasil studi kelayakan pendirian Untara. Kajian kedua adalah studi analisis dampak ekonomi dari didirikannya Untara.


Sebagai informasi, saat ini setidaknya ada tiga universitas negeri yang kerap jadi rebutan para calon mahasiswa di Sumut, yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri Sumut (Uinsu). Semuanya berada di Medan yang berjarak sekitar 6 jam dari kawasan Tapanuli. [detik.com]

Next article Next Post
Previous article Previous Post